Jl. Adi Sucipto barat No.120

Wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan Destinasi wisata unggulan di jogja yang berada di Desa Bokoharjo Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejarah Candi Prambanan sendiri sudah terangkum di kisah legenda Roro Jonggrang yang mana dari cerita tersebut candi ini dibuat oleh seorang yang sakti mandraguna dan dibantu oleh pasukan Jin untuk menyelesaikan seribu candi ini, dia diberi batas waktu satu malam saja namun ternyata dia hanya mampu menyelesaikan 999 candi.
Jika kita lihat candi-candi yang konon berjumlah 999 buah itu kini tinggal beberapa puluh saja. Candi prambanan sendiri sedikit berbeda dengan candi Borobudur, dimana cansdi Borobudur merupakan bangunan candi dari kerajaan budan sedangkan untuk candi prambanan merupakan peningalan dari kerajaan Hindu. Selain candi prambanan beberapa candi yang tersebar di sekitar candi ini antara lain : Candi Kelir, Candi Apit, Candi Patok, dan Candi Perwara, semua candi ini seluruhnya mengelilingi candi Trimurti yang merupakan candi utama.
Ditempat wisata ini juga terdapat relief yang menceritakan tentang dua kisah fenomenal dalam hindu yaitu Ramayana dan Krishnayana. Relief ini berada di dinding bagian dalam dari pagar yang mengelilingi candi Trimurti. Untuk cerita Ramayana sendiri mengisahkan tentang perjuangan Rama dibantu oleh hanoman untuk merebut istrinya Sinta yang di culik oleh Rahawana. Sedangkan Untuk cerita Krishnayana menceritakan tentang perjalanan Krishna sebagai reikarnasi dari dewa Wishnu.
Selain menikmati keindahan dan keunikan dari candi prambanan di tempat ini kalian juga dapat berkeliling museum yang berbentuk rumah joglo. Koleksi yang terdapat di museum ini di antaranya adalah benda-benda yang berhasil ditemukan di sekitar candi dahulu seperti arca dan bebatuan purbakala.
Bagi kalian yang memiliki hobi selfi dan berfoto ria. Maka di sini bukan tempat yang salah karena di sini kalian dapat mengambil gambar dari berbagai sudut dari candi yang menarik dan tampak kokoh. Dan ketika malam hari cuga akan semakin cantik dengan lampuyang menyorot ke arah candi. Untuk kalian sang ingin mencari sourvenir khas candi maka disana juga banyak kios yang menjual barang-barang khas candi prambanan seperti kaos, kalung, gantungan kunci, sampai miniatur candi.
Jika kalian ingin menikmati suasana yang berbeda, jadi ketika kalian berkunjung ke candi waktu bulan purnama tepatnya pukul 20.00 WIB maka kalian akan menemui pertunjukan sendratari Ramayana dengan panggung terbuka dengan latar candi.
Itulah sedikit tentang wisata candi prambanan, semoga info dari artikel ini dapat bermanfaat. Silahkan bagi anda yang membutuhkan sewa mobil hiace solo, sewa mobil hiace murah di solo, sewa mobil elf long di solo, sewa mobil murah elf di solo, sewa bus pariwisata di solo, sewa bis pariwisata murah di solo, silahkan gunakan jasa sewa hiace solo.

Jl. Telasih VI, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139
0812-2549-1108
haryonugroho0729@gmail.com
Open now 24 hour

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *